Berapa Detak Jantung Normal Seseorang?

April 1, 2022
Share
Berapa Detak Jantung Normal Seseorang?

Detak jantung akan dapat meningkat jika seseorang dalam keadaan terkejut atau setelah melakukan aktivitas olah raga. Sebenarnya, apa itu detak jantung dan berapa detak jantung normal? Berikut pembahasannya!

Detak Jantung Normal Menurut Usia

Kita perlu memahami bagaimana detak jantung dari diri kita masing-masing karena setiap orang akan memiliki detak jantung yang berbeda. Perlu untuk diketahui, detak jantung akan menurun secara bertahap mendekati detak jantung orang dewasa.

Detak jantung normal per menit bagi orang dewasa, termasuk yang lebih tua, adalah 50 serta 100 bpm (denyut per menit). Sedangkan, atlet yang sedang berlatih memiliki detak jantung istirahat normal di bawah 60 bpm, kadang-kadang capai 40 bpm.

Denyut jantung baik berbeda untuk tiap orang, serta tergantung di usia serta jenis pekerjaan fisik dilakukan. Berikut ini adalah perkiraan detak jantung berdasarkan usia:

  • Bayi baru lahir: 100-160 bpm
  • Bayi usia 0-5 bulan: 90-150 bpm
  • Bayi usia 6-12 bulan: 80-140 bpm
  • Balita usia 1-3 tahun: 80-130 bpm
  • Balita usia 3-4 tahun: 80-120 bpm
  • Anak-anak usia 6-10 tahun: 70-110 bpm
  • Anak-anak usia 11-14 tahun: 60-105 bpm
  • Remaja 15 tahun ke atas: 60-100 bpm

Cara Hitung Detak Jantung

Untuk menghitung detak jantung per menit, Anda dapat menggunakan stopwatch. Menghitung denyut jantung lebih baik dilakukan pada pagi hari untuk mendapatkan hasil yang akurat.

  1. Tempatkanlah ujung telunjuk serta jari tengah tangan kanan pada sisi pergelangan tangan kiri atau Anda bisa melakukan sebaliknya, tepat pada bawah pangkal ibu jari. Atau Anda dapat tempatkan telunjuk serta jari tengah pada leher rahang bawah pada satu sisi tenggorokan. Jangan pakai ibu jari karena punya denyut ringan yang bisa menghitungkan ketika menghitung.
  2. Tekan secara lembut jari Anda hingga rasakan denyut nadi pada bawah jari. Anda mungkin perlu untuk pindah-pindahkan jari pada sekitarnya hingga benar-benar rasakan denyut.
  3. Hitung denyut nadi dalam waktu 15 detik. Lalu kalikan hasilnya dengan 4 untuk dapatkan angka denyut per menit. Anda bisa hitung denyut nadi sebanyak 3 kali. Lalu, ambilah rata-rata ketiganya untuk benar-benar meyakinkan.

Tips Menjaga Detak Jantung Normal

Olah raga secara teratur

Olah raga merupakan cara utama untuk mendapatkan detak jantung normal dan sehat. Umumnya, detak jantung yang tinggi disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat dan kurangnya olah raga. Anda dapat melakukan aktivitas olah raga aerobic ringan selama minimal 75 menit per minggu. Semakin Anda sering olahraga, maka jantung Anda semakin kuat.

Kelola Stres

Stres dan kecemasan juga dapat meningkatkan detak jantung Anda. Karena itu, penting untuk kelola stres Anda agar detak jatung teratur. Cobalah untuk bermeditasi atau melakukan latihan pernapasan.

Berat badan yang ideal

Semakin banyak beban yang dibawa, maka akan berat tubuh harus bekerja mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Apalagi jika Anda tak punya massa otot yang banyak. Menurunkan berat badan bantu turunkan detak jantung untuk normal selalu.

Jika Anda memiliki keluhan dan gejala detak jantung tidak teratur, segera lakukan konsultasi dengan buat perjanjian dengan dokter spesialis jantung kami!

Konsultasi dengan Dokter Kami

dr. William Sanjaya, SpJP (K), FIHA
Konsultan Kardiologi Intervensi (Kateterisasi dan Stent)
Buat Janji
dr. Juliaty Esther D. Siagian, SpJP, FIHA
Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
Buat Janji
Prof. Dr. dr. Daldiyono H, SpPD-KGEH
Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi
Buat Janji