Langkah-Langkah Sederhana Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke

July 13, 2022
Share
Langkah-Langkah Sederhana Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke

Stroke ringan ini bisa terjadi untuk beberapa menit dan akan pudar hanya dalam beberapa jam. Namun, juga bisa akan berakibat fatal bila nantinya dibiarkan begitu saja. Jika Anda mengalami gejala stroke ringan atau menyadari ada gejala stroke ringan kepada orang yang ada di sekitar Anda, maka Langkah-langkah pertolongan pertama stroke sangatlah penting untuk diketahui.

Pertolongan pertama stroke ringan

Berikut ini adalah langkah-langkah pertolongan pertama bila Anda maupun orang lain sedang mengalami gejala stroke ringan :

1. Perhatikan Secara Teliti dan Ingatlah Gejala yang Muncul

Pastikan jika gejala yang dialami oleh orang tersebut merupakan bagian dari FAST. FAST merupakan kepanjangan dari :

  • Face : Wajah orang tersebut mungkin terkulai di satu sisi, atau mereka mungkin mengalami kesulitan membuat ekspresi wajah.
  • Arms : Coba untuk meminta mengangkat Lengan orang tersebut mungkin terasa lemah, lebih rendah sebelah atau mati rasa dan mereka mungkin tidak dapat mengangkatnya.
  • Speech : Pembicaraan orang yang terkan stroke mungkin tidak jelas atau sulit dimengerti. Mereka mungkin juga mengalami kesulitan menelan.
  • Time : Jika langkah diatas sudah dilakukan, maka segera hubungi Instalasi Gawat Darurat (IGD)

Ingat-ingat kembali kapan Anda mulai melihat tanda-tanda gejala stroke ringan. Pastikan Anda juga memberitahu petugas medis saat datang, apakah orang itu jatuh dan mengalami benturan di bagian kepala atau tidak sehingga nanti akan lebih mudah diberikan pertolongan pertama stroke yang tepat.

2. Hubungi Rumah Sakit Paling Terdekat

Berikutnya Anda dapat memanggil ambulans terdekat atau menghubungi . Hal ini karena petugas medis akan lebih tahu banyak tentang langkah-langkah pertolongan pertama stroke yang nantinya dapat menyelamatkan orang tersebut.

Jika nantinya Anda mengalami gejala stroke yang ringan, minta orang yang ada di sekitar Anda untuk memanggilkan ambulans. Namun, harus tetap tenang dan lakukan langkah pertolongan lainnya ketika masih menunggu pertolongan medis datang.

3. Memeriksa Nafas

Periksa apakah mereka masih dalam keadaan yang bernapas atau tidak. Jika tidak, maka Anda harus terapkan salah satu dari pertolongan bantuan hidup dasar, yaitu CPR. Jika mereka sekiranya mengalami kesulitan ketika akan bernapas, kendorkan sedikit pakaian yang ketat, seperti membuka bagian kancing kemeja yang paling atas, dasi, maupun syal yang sedang digunakan.

4. Memperbaiki Posisinya

Jika ada orang yang saat ini sedang mengalami gejala stroke ringan dan membutuhkan pertolongan pertama stroke di rumah, pastikan mereka berbaring dengan posisi yang sudah nyaman dan aman. Idealnya para pasien akan dibaringkan di satu sisi dengan bagian kepala sedikit diangkat dan diganjal.

Hal tersebut untuk lebih memudahkan bila mereka tiba-tiba mengalami muntah supaya mereka nantinya tidak akan tersedak. Selain itu, berikan mereka selimut nantinya merasa masih tetap dalam keadaan yang hangat.

5. Jangan Minum, Makan atau Diberikan Obat

Anda nantinya tidak boleh sembarang ketika akan memberi obat pada saat stroke terjadi, karena hal ini dapat lebih memperparah kondisi pada pasien jika obat yang nantinya akan diberi tidak sesuai dengan anjuran dokter.

Hindari juga untuk memberikan pasien minum atau makan karena kita masih belum mengetahui apakah stroke yang saat itu sedang menyerang bisa mempengaruhi kemampuan pasien untuk menelan atau tidak. Oleh sebab itu, memberikan mereka minum maupun makan bisa membuat pasien tersedak dan dapat lebih mempersulit bagian pernapasan.

6. Jangan Membiarkannya Tertidur

Pertolongan pertama stroke yang terakhir adalah setelah terdeteksi mengalami gejala stroke ringan, pasien dapat menjadi lelah dan sangat mengantuk. Jangan membiarkan pasien tertidur dan segeralah membawanya ke rumah sakit atau menghubungi Instalasi Gawat Darurat (IGD). Stroke, walaupun itu hanya stroke ringan, dapat berakibat fatal, karena itu lebih cepat untuk diperiksa lebih baik. Jangan menunda pemeriksaan sampai besoknya atau dua hari lagi.

Cara Mudah Mencegah Stroke Ringan

Stroke ringan memiliki potensi berkembang menjadi stroke, maka kondisi tersebut penting untuk dicegah. Berikut ini adalah cara mencegah stroke ringan yang dapat dilakukan mulai dari saat ini :

1. Turunkan Berat Badan

Obesitas ini dapat meningkatkan peluang seseorang untuk terkena stroke ringan. Jika sudah mengalami berat badan yang berlebih, sangat disarankan untuk menurunkan berat badan supaya risiko terserang penyakit stroke berkurang.

2. Hentikan Kebiasaan Merokok

Cara untuk mencegah terjadinya stroke ringan berikutnya adalah berhenti merokok. Hal tersebut karena merokok ini dapat membuat darah Anda mengental dan juga meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis, yaitu penumpukan plak yang bisa menyumbat pada bagian pembuluh darah.

3. Olahraga Secara Rutin

Olahraga ini memang sangat memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan dan juga menjaga stabilnya tekanan darah. Ada beberapa jenis olahraga, seperti jalan kaki, bersepeda, jogging, berenang, maupun latihan fisik di gym, yang bisa dilakukan setidaknya 4-5 kali dalam seminggu ini nantinya bisa membantu dalam menurunkan risiko stroke ringan dan juga penyakit jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol ini juga merupakan salah satu faktor risiko paling besar yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami stroke ringan. Oleh sebab itu, tekanan darah memang harus dijaga supaya tidak melebihi dari 120/80 mmHg.

Cara supaya menjaga tekanan darah normal adalah dengan banyak konsumsi buah dan sayuran, kurangi untuk konsumsi garam maupun makanan yang asin, serta menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga sekitar 30 menit untuk setiap harinya, berhenti merokok, dan perbanyak konsumsi asam lemak dan juga omega-3, seperti dari telur dan juga ikan.

5. Mengobati Diabetes

Penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi bisa mengalami kerusakan dan sumbatan pada pembuluh darah. Jika pembuluh darah di otak mengalami kerusakan, resiko terserang stroke juga lebih tinggi.

Itulah penting untuk mengendalikan kadar gula darah dan menjaga pola makan, rutin olahraga, dan minum obat-obatan yang sudah diresepkan dokter.

Kesimpulannya, penting untuk mengetahui langkah pertolongan pertama pada stroke. Stroke adalah keadaan darurat medis dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius jika tidak ditangani dengan cepat. Mengetahui langkah-langkah yang harus diambil dapat membantu menyelamatkan nyawa, termasuk segera menghubungi agar pasien yang membutuhkan pertolongan pertama stroke dapat segera ditangani dengan tepat.