Inilah 5 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung

May 18, 2022
Share
Inilah 5 Pilihan Makanan Sehat untuk Jantung

Menjaga kesehatan jantung tentunya menjadi salah satu hal penting yang perlu diprioritaskan, untuk itu ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, tidak hanya rajin berolahraga saja, tetapi Anda juga perlu menjalani pola hidup sehat, salah satu contoh mudahnya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung setiap hari.

Pilihan Makanan untuk Jantung Sehat

Anda memang harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, apakah sudah memiliki kandungan nutrisi yang seimbang atau belum. Apalagi beberapa makanan ada yang meningkatkan risiko munculnya penyakit tertentu, seperti serangan jantung mendadak hingga gagal ginjal.

Sebagai langkah pencegahan dari penyakit beresiko seperti jantung, akan lebih baik jika Anda mulai mengonsumsi makanan yang baik untuk jantung, makanan-makanan ini tidak hanya diberikan untuk penderita penyakit jantung saja, tetapi bisa juga dikonsumsi oleh semua orang. Beberapa pilihan makanan yang bisa dikonsumsi tersebut adalah

1. Buah-buahan

Buah-buahan untuk menjaga kesehatan jantung

Buah-buahan memang sudah dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk tubuh, selain itu, makanan ini juga bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung, kandungan nutrisi yang ada pada buah memang tidak perlu diragukan lagi, beberapa buah yang bisa Anda konsumsi diantaranya, Ceri, Tomat, Delima, Anggur, Apel, Alpukat, Citrus, dan juga berbagai jenis buah Beri.

2. Cokelat

Coklat sebagai antioksidan

Siapa sangka ternyata cokelat masuk ke dalam daftar makanan untuk jantung sehat, kandungan flavonoid pada cokelat, yang merupakan antioksidan ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jantung, seperti contohnya mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, sebagai antiradang, dan juga melancarkan aliran darah.

3. Kedelai dan kacang tanah

Kedelai dan kacang sumber protein

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda perlu mengonsumsi protein, tidak hanya protein hewani tetapi juga protein nabati, contohnya adalah kacang tanah dan kacang kedelai beserta produk olahannya seperti tahu maupun tempe.

Dua jenis kacang-kacangan ini, memiliki kandungan isoflavon, yakni antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung terutama pada wanita pascamenopause. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi oleh pasien dengan masalah jantung.

4. Salmon dan tuna

Salmon baik untuk kesehatan jantung

Makanan lainnya yang sangat baik untuk kesehatan jantung adalah salmon dan tuna, kedua memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi, omega 3 ini termasuk dalam jenis lemak tak jenuh dan sangat cocok untuk kesehatan jantung.

Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi omega 3 diantaranya mengurangi peradangan pada pembuluh darah di sekitar jantung, mengurangi pembekuan darah, tekanan darah, trigliserida, dan bisa juga membuat detak jantung kembali normal dan teratur.

Akan lebih baik jika salmon dan tuna yang dikonsumsi berasal dari perkembangbiaka di tambak, bukan yang dari laut, karena salmon dan tuna yang berasal dari laut ditakutkan memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi.

5. Ubi jalar

Ubi Jalar mengandung vitamin A

Makanan lainnya yang cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung adalah ubi jalar yang memiliki kandungan vitamin A yang bisa menyehatkan jantung, ada juga kandungan serat beserta nutrisi lainnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi ubi yang berwarna oranye atau ungu, dan bisa dinikmati dengan direbus, dipanggang, atau bisa juga dimasukan ke dalam sayur yang dimasak. Sayangnya, bagi yang memiliki penyakit ginjal, lebih baik membatasi konsumsi bi jalar ini karena memiliki kandungan oksalat.

Nah itulah beberapa pilihan makanan sehat untuk jantung yang dapat Anda konsumsi setiap hari, akan lebih baik jika Anda mengolah makanan tersebut dengan tidak digoreng, dan konsumsi buah-buahan yang masih segar. Sangat penting untuk memastikan nutrisi yang seimbang bagi pasien jantung agar kesehatan tetap terjaga. Pastikan gizi dalam tubuh Anda terpenuhi dengan rutin berkonsultasi bersama dokter spesialis gizi klinik dari RS Royal Progress.

Konsultasi dengan Dokter Kami

dr. William Sanjaya, SpJP (K), FIHA
Konsultan Kardiologi Intervensi (Kateterisasi dan Stent)
Buat Janji
dr. Juliaty Esther D. Siagian, SpJP, FIHA
Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
Buat Janji
Prof. Dr. dr. Daldiyono H, SpPD-KGEH
Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi
Buat Janji