Apa itu Urtikaria atau Biduran?

April 25, 2022
Share
Apa itu Urtikaria atau Biduran?

Biduran atau Urtikaria adalah ruam kemerahan yang muncul pada kulit yang biasanya dikarenakan reaksi dari suatu alergi. Namun, kondisi ini juga dapat dipicu oleh beberapa hal lain seperti stres, efek samping dari obat, gigitanserangga, suhu yang terlalu dingin atau panas, dan infeksi.

Biduran bisa dikatakan menjadi penyakit yang sering terjadi pada wanita dan pria di semua umur. Namun, tingkat keparahan dari Urtikaria berbeda-beda tergantung dari penyebabnya.

Gejala Utikaria

Biduran memiliki gejala yang dapat dilihat secara kasat mata. Kulit berwarna kemerahan, adanya tonjolan seperti benjol kecil dikulit dan terasa sangat gatal biasanya menjadi salah satu gejala dari urtikaria. Urtikaria dapat muncul di salah satu bagian tubuh kemudian menyebar.

Urtikaria bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya obatobatan, makanan, gigitan serangga, infeksi, psikis, inhalan atau bahan kimia, spora, udara, bahkan faktor genetik.

Urtikaria memang tidak berbahaya selama penyebabnya tidak menimbulkan efek samping seperti pusing, bengkak di area mata atau mulut, sesak napas hingga lemas. Jika sudah dirasa adanya efek samping tersebut, Anda disarankan untuk segera meminta pertolongan medis. Gejala ini menunjukkan reaksi alergi yang parah dan perlu penanganan segera.

Penanganan yang dapat dilakukan di rumah (Uticaria Treatment)

Jika urtikaria tidak disertai gejala lain dan gatal yang dirasakan tidak berat, Anda melakukan hal berikut sebagai penanganan pertama:

1. Jauhi faktor pemicu Urtikaria

Kenali apa yang memicu Urtikaria terjadi, seperti pastikan makanan yang dikonsumsi aman dan cek kembali kondisi psikis Anda, jika berada di kondisi stres maka lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.

2. Gunakan kompres dingin

Tempelkan sesuatu yang dingin pada area kulit Anda yang timbul urtikaria untuk meringankan iritasi dan meredakan rasa gatal. Gunakan sebongkah es yang dilapisi dengan handuk dan menempelkannya ke area Utikari selama 10-15 menit.

3. Jaga suasana sejuk

Suhu ruangan yang panas dapat membuat rasa gatal semakin parah. Saat urtikaria sedang timbul, Anda dapat menggunakan pakaian yang tipis dan longgar, serta berbahan nyaman dan dapat menyerap keringat. Pastikan suhu udara ruangan agar tetap sejuk dan nyaman.

Hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung atau mandi air panas, untuk mencegah kekambuhan biduran.

Penanganan medis lebih lanjut

Jika gejala yang Anda alami semakin memburuk atau tidak berkurang, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mencegah adanya komplikasi yang bisa ditimbulkan seperti sesak napas.

Untuk membuat perjanjian dengan tim dokter spesialis kulit Royal Dermatology & Aesthetic kami, Anda dapat klik di sini

Konsultasi

dr. Carolina, SpKK
Spesialis Kulit Kelamin & Kecantikan
Buat Janji
dr. Johan Kartayana, SpKK
Spesialis Kulit Kelamin & Kecantikan
Buat Janji
dr. Angeline Dewi, SpKK
Spesialis Kulit Kelamin & Kecantikan
Buat Janji