7 Gejala Penyakit Ginjal Akut & Kronis yang Harus Diwaspadai

September 26, 2022
Share
7 Gejala Penyakit Ginjal Akut & Kronis yang Harus Diwaspadai

Penyakit ginjal akut memang termasuk yang bisa disembuhkan, tidak seperti kronis. Akan tetapi, penyakit ginjal akut juga bisa berakhir pada gagal ginjal kronis dan keduanya sama-sama tidak bisa sembuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala penyakit ginjal seawal mungkin demi mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Penanganan di tahap awal pada masalah ginjal akan berpengaruh sangat besar pada kesembuhan dan menghentikan progresnya. Semakin cepat tertangani maka semakin besar kemungkinan ginjal terselamatkan. Untuk itu, perhatikan tanda-tanda ginjal bermasalah yang akan dibahas kali ini.

Tanda-Tanda Gejala Penyakit Ginjal yang Harus Diwaspadai

Gejala kidney problem baik itu akut dan kronis, kurang lebih sama. Hanya saja, pada penyakit kronis lebih parah dan semakin lama akan bertambah gejalanya. 

1. Cepat Lelah dan Lemas

Gejala sakit ginjal stadium awal baik penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronis sama. Penderita akan mengalami symptoms, seperti pusing dan cepat merasa lelah. Penyebabnya adalah menumpuknya toksin di darah akibat tidak tersaring sempurna oleh ginjal.

Problem ini jika terus terjadi juga bisa menyebabkan anemia akibat kurangnya sel darah merah.

2. Mual atau Nauseous

Nauseous merupakan gejala yang juga umum terjadi pada penderita ginjal. Apa yang menyebabkan mual bahkan sampai muntah pada satu kasus dan kasus lainnya bisa berbeda.

Penderita ada yang mual karena uremia, ulkus, gangguan otot lambung, GERD, atau karena obat-obatan jika sudah memulai pengobatan.

3. Nafas Pendek atau Sulit Bernapas

Apabila Anda mengalami cepat lelah, lemas, mual, muntah, plus sulit bernapas, ayo segera konsultasi ke dokter. Kesulitan bernapas ini bisa jadi karena rendahnya kadar zat besi atau paru-paru yang terisi cairan berlebih.

Keadaan paru-paru yang terisi cairan berlebih atau pulmonary edema tentu berbahaya. Penderita akan membutuhkan obat tambahan untuk mengatasinya agar tidak semakin parah.

Oleh karena itu, selagi gejalanya masih ringan maka cara mengobati gejala ginjal juga lebih mudah dan tinggi kemungkinan sembuh. Periksa sedini mungkin sangat penting agar segera tertangani dan tanpa komplikasi lebih lanjut.

4. Bengkak pada Pergelangan sampai Kaki

Bengkak atau swelling pada kaki adalah gejala yang sangat jelas ketara karena terlihat jelas. Penyebabnya karena fungsi kidney yang menurun maka jumlah protein albumin di darah juga ikut menurun. Hal ini menyebabkan naiknya jumlah urine yang dapat menyebabkan penumpukan cairan.

Akibat penumpukan cairan itulah bagian pergelangan hingga kaki mengalami pembengkakan.

5. Sakit di Area Dada

Sakit pada area dada berhubungan dengan nafas yang menjadi pendek-pendek atau sulit. Rasa sakit tersebut terjadi akibat penumpukan cairan berlebih di paru-paru yang kemudian menyebabkan chest pain.

Chest pain yang terjadi tidak secara langsung karena penumpukan cairan. Hal ini karena pericardium ikut mengalami inflamasi akibat penumpukan fluid di sekitarnya.

6. Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi bisa menjadi penyebab penyakit ginjal akut tetapi juga dapat terjadi karena gagal ginjal. Kemampuan ginjal untuk menyaring toksin yang terus menurun dan tidak seimbangnya cairan beserta mineral lain menjadi penyebab.

Tekanan darah tinggi harus segera tertangani karena bisa menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung.

7. Darah yang Keluar Bersama Urine

Darah yang keluar bersama urine memang tidak selamanya berarti penyakit ginjal, bisa saja infeksi saluran kemih. Akan tetapi, jika sudah berbarengan dengan beberapa gejala di atas, maka harus waspada dan segera melakukan check up ginjal. Penyebab sakit ginjal hingga urine berdarah sendiri yaitu coagulation disorder atau gangguan pembekuan darah.

Tanda-tanda di atas perlu Anda perhatikan betul meski yang terlihat tidak serius seperti mudah lelah dan lemas. Apalagi, jika gejalanya ada secara tiba-tiba tanpa trigger yang jelas dan frekuensinya sering.

Kenali Gejalanya, Temukan Solusinya

Penyakit ginjal baik akut atau kronis punya tanda-tanda yang jelas dan mudah dikenali. Misalnya, saja seperti tiba-tiba menjadi mudah lelah, mual, muntah, nafas pendek, sampai kaki bengkak. Jadi, apabila sudah ada gejala yang Anda kira itu adalah masalah ginjal jangan sepelekan dan segera konsultasi.

Cara mengobati penyakit ginjal stadium awal akan lebih mudah dan efektif. Hal ini juga berlaku pada penyakit ginjal kronis yang tidak bisa sembuh. Pada tingkat kronis, penanganan di awal bisa menghambat progresnya.

Untuk itu, jangan menunda jika merasa ada yang tidak beres dan curiga ada masalah ginjal. Anda bisa berkonsultasi ke Spesialis Penyakit Dalam di RS Royal Progress agar bisa didiagnosa dan mendapatkan penanganan terbaik. Mengalami gejala penyakit ginjal bukan akhir, karena perawatan yang tepat bisa menolong.

Konsultasi

Prof. Dr. dr. Daldiyono H, SpPD-KGEH
Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi
Lihat Profil

Sumber

  • Fatigue (tiredness) - KidneyCareUK
  • Acute kidney failure - Mayoclinic
  • National Kidney Foundation - What causes nausea/vomiting in kidney patients and how can it be relieved?
  • Comprehensive Vascular Care - The Link Between Kidney Disease and Swollen Legs
  • NHS UK - Acute kidney injury